ku kejar Berkah Dengan Sedekah !

Sedekah adalah memberikan sebagian harta dari kekayaan yang kita miliki kepada orang lain yang lebih membutuhkan. Bersedekah yang kita lakukan dengan ikhlas mengharap rahmat Allah SWT, insyaallah keberkahan itu akan hadir di dalam kehidupan kita. Walaupun  sedekah ini bukan perkara yang wajib, akan tetapi sedekah ini juga banyak dibahas didalam Al Qur’an dan hadits.

Firman Allah swt dalam Al Qur’an  di dalam Surat At Taubah:

“ Ambillah sebagian dari kekayaan kamu untuk disedekahkan. Ayat ini ada yang memaknai sebaai perintah zakat, akan tetapi ada juga yang menyampaikan bahwa terkandung di dalamnya adalah anjuran untuk bersedekah. Kata sebagian kekayaan, juga menggambarkan bahwa tidak semua harta yang kita kuasai itu milik kita seratus persen. Terdapat hak orang lain yang melekat sebagai amanat untuk disampaikan kepada yang berhak. Kenapa demikian ? pada setiap kekayaan yang kita miliki akan dimintai pertanggungjawaban dan bahkan bisa menjadi api dalam neraka jahanam, jika hanya digunakan untuk diri sendiri” (surat at taubah : 35)

Oleh karena itu sudah saatnya sedekah dijadikan sebagai gaya hidup kita, agar  terasa lebih indah karena dengan bersedekah akan meringankan beban orang lain. Meski sedikit jika kita istiqomah dalam bersedekah . sedikit jika dilakukan bersama sama akan menjadi bernilai sangat besar dan mempunyai kemanfaatan yang dahsyat.

Dari segi ekonomi, sebetulnya sedekah juga mempunyai manfaat yang luar biasa. Sedekah yang kita berikan akan memberikan kekuatan ekonomi baru bagi penerimanya. Apalagi jika kemudian dikembangkan untuk hal hal yang produktif. Penerima sedekah dapat memanfaatkan untuk kegiatan ekonomi, sehingga kehidupannya lebih sejahtera dan kemampuan daya belinya juga meningkat. Kalau masing masing orang punya kemampuan ekonomi yang terus bertambah, ekonomi akan dapat mengalami pertumbuhan yang signifikan. Dengan demikian, sedekah bisa memberikan manfaat balik kepada pertumbuhan ekonomi pemberi, karena transaksinya juga terus mengalami peningkatan.

Sungguh bersedekah itu banyak manfaatnya, termasuk keberkahan akan harta yang kita miliki. Janji Allah adalah sebuah kebenaran yang pasti datang. Insyaallah tidak akan ada orang yang melarat karena sedekah. Dengan sedekah, hartapun akan menjadi lebih berkah. lantas apa saja sih ciri-ciri  dari Rezeki yang Berkah itu ?

 

Dari ajaran agama Islam, ada yang dinamakan berkah. Demikian juga terkait rezeki. Keberkahan rezeki itu tidak bisa dijamin dari banyak sedikitnya harta. Lalu, seperti apa sebenarnya rezeki yang berkah dalam pandangan Islam itu?

Rezeki yang berkah biasanya dapat diketahui dari kecukupannya. Meskipun jumlahnya sedikit, tapi tetap bisa memenuhi semua kebutuhan hidup kita. Jadi, walaupun sedikit dari segi jumlah,  tetapi tidak menjadikan pemiliknya kekurangan.

Berikut ini beberapa ciri-ciri yang dapat kita kenali dari rezeki  yang mengandung berkah di dalamnya:

1.  Harta yang berkah mampu menghantarkan pemiliknya menjadi semakin bertaqwa kepada Allah. Berkah pertama ini mereka merasa bersyukur dengan nikmat keberkahan rezekinya, sehingga dia akan terus melakukan ketaqwaan dengan rezekinya itu.

2. Harta yang berkah bisa memberikan rasa nyaman dan tentram kepada pemiliknya.

قُل لَّا يَسْتَوِى ٱلْخَبِيثُ وَٱلطَّيِّبُ وَلَوْ أَعْجَبَكَ كَثْرَةُ ٱلْخَبِيثِ ۚ فَٱتَّقُوا۟ ٱللَّهَ يَٰٓأُو۟لِى ٱلْأَلْبَٰبِ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ

“Tidak sama yang buruk (rezeki yang haram) dengan yang baik (rezeki yang halal) meskipun banyaknya yang buruk itu menarik hatimu, maka bertakwalah kepada Allah hai orang-orang yang berakal agar kamu mendapat keberuntungan.” (Q.S. Al Maidah: 100).

3. Harta yang berkah dapat mendatangkan amal kebaikan atau menjadi jalan bagi pemiliknya untuk berbuat kebaikan.

يَٰٓأَيُّهَا ٱلرُّسُلُ كُلُوا۟ مِنَ ٱلطَّيِّبَٰتِ وَٱعْمَلُوا۟ صَٰلِحًا ۖ إِنِّى بِمَا تَعْمَلُونَ عَلِيمٌ

“Hai para rasul, makanlah yang baik-baik (halal), dan kerjakanlah amal yang saleh,” (QS Al mu’minun:51).

4. Harta yang berkah akan membuat pemiliknya semakin bersyukur kepada Allah.

5. Harta yang berkah dapat menghadirkan keharmonisan dan kebahagiaan dalam rumah tangga.

Seorang yang terbiasa mengonsumsi harta haram jiwanya akan meronta-ronta. Merasa tidak tenang, tanpa diketahui sebabnya. Kegelisahan demi kegelisahan akan terus menyeretnya ke lembah yang semakin jauh dari Allah. Lama kelamaan ia tidak merasa lagi berdosa dengan kemaksiatan. Berkata bohong menjadi akhlaknya. Ia merasa tidak enak kalau tidak berbuat keji. Karenanya tidak mungkin harta haram -sedikit apalagi banyak- mengandung keberkahan. kejar keberkahan dengan Bersedekah.

” karena hidup berkah itu tidak dihitung seberapa banyak materi yang kita miliki. Tapi berupa seperti lancarnya usaha,anak saleh dan salehah, kesehatan dan ketenangan hati “

Semoga Allah SWT selalu meneguhkan hati kita dalam iman dan taqwa kepada-nya serta kepada Rasul-nya.  Segera memperbaiki segala urusan dunia maupun akhirat. dan semoga harta kita oleh Allah SWT diberikan keberkahan dan selalu melangkah kepada jalan kebenaran.  Aamiin ya rabbal alamin..

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.